Wednesday, March 23, 2011

First Riding Impression Minerva Fischer MRX 650


First Riding Impression Minerva Fischer MRX 650Oktober 13, 2010

Posted by Taufik in minervaReview ProdukTest Ride
Tags: 
trackback
Bro sekalian, Rabu ini Tangal 13 Oktober saya memenuhi Undangan bapakKristianto Goenadi dari ATPM Minerva untuk mencoba/test Ride varian Moge Sportnya Fischer MRX 650. Kali ini TMCblog membawa serta 2 Orang Crew dadakannya untuk urusan foto-memfoto yakni mas bro Aseen dan mas bro Sabdo Guparman. Kami bertiga datang paling pagi di sirkuit sentul, sampai disana sudah disiapkan beberapa varian yang mau di Cobakan Hari itu termasuk Motor Utama Minerva yakni Fischer 650 MRX. Motor yang disiapkan Hanya satu Unit, so kebayangkan Nungguin antriannya . .  Alhamdulillah TMCblog mendapat urutan ke tiga setelah dua wartawan . . . mantab, blogger di perhatikan banget sama Minerva. Di Acara Ini saya membawa riding gear sendiri Yakni Jaket Kulit balap AHRS-tmcblog.com, Racing Pants Komine with kneeslide, Glove AHRS, Helm AGV-K3 dan Sepatu Kushitani.
Saatnya telah tiba . . . nama saya dipanggil, setelah mengenakan seluruh riding gear, saya duduk di Empuknya Jok Motor yang desainnya di bangun oleh Dan Fisher, mantan pembalap AMA . .. Ok Langsung ke acara test.  Saat pertama kali manaiki motor ini, dalam hati saya langsung bilang . ..  saya Suka Segitiga Ergonomi Motor yangdirilis saat jakarta fair yang lalu ini yang sangat Racy !! Seat heightnya yang 80 cm masih sangat bersahabat walaupun tetep terlihat dingkiq detected  . . . Starter motor Via saklar . . . bfuuum whoooa, Khas banget motor Twin Engine dengan suara yang sedikit ngebas . ..  Di Lap pertama saya lakukan pengenalan terhadap motor. Torsi beasr pada motor ini membuat akselerasi motor ini sangat bengis, saya nggak bisa memberikan data kualitatif  .. .  akan tetapi menurut perasaan saja . . . ini motor Ngibrit Bangeeet kata Orang betawi !!
Pergantian gear terutama saat turun gear (down shifting) sebelum S kecil dan S besar cukup baik dan tidak terjadi hentakan. Bagaimana Kestabilan saat menikung . . . whooooaaa Luar Biasa . ..  Motor ini sangat Stabil, baik belok ke kanan maupun kekiri terutama yang saya rasakan di tikungan chicane macam S besar dan S kecil . ..  ban Battlax BT O14 terasa sangat menggigit trek aspal maupun tambalan beton sirkuit Internasional sentul, membuat Pede rider yang menikung .. .  Walaupun Kneeslider Komine saya masih ‘perawan’ belom ada tanda gasretan xixixixixiixixxi :mrgreen: * jadi malu
Proses shifting gear pada lap pertama yang saya lakukan diatas RPM 8.000. Karena setahu saya motor ini memiliki peak power 80 hp di RPM 9-ribuan makanya di lap kedua dan ketiga saya memilih mengganti gear di posisi rpm dekat dengan angka 9-ribuan . . . dan hasilnya memang luar biasa . ..  Straight pertama saya mencapai angka 165 km/Jam, sedangkan straight kedua saya mencapai 183 km/jam dengan posisi trotel gas masih ada. Kenapa Top speed straight petama kecil? . ..Ya saya memulai dari kecepatan dibawah 90km/jam di awal straight . . . Pada straight kedua saya coba Gantung gas di  kelokan ke kanan terakhir dan memulai straight dari angka 115 km/jam . ..  Mantaaab
:roll: maap poto straight nya pake kamera pocket xixixixi  :mrgreen:
Di akhir straight . . . saat spedometer menunjuk angka 183 kpj, inget anak istri dan rencana beberapa hari lagi mo ke tanah suci langsung rem sekeras kerasnya dengan proporsi 90% rem depan dan 10% rem belakang di 150 m sebelum R1whhuuuaaaaaaa ini sepasang kaliper rem Brembo yang mengawal Fischer MRX 650 sangat bisa diandalkan. Konklusi saya adalah Minerva MRX 650 Fischer merupakan Moge sport dengan kualitas yang sangat Baik dan  harga yang sangat kompetitif yakni OTR Jakarta yang sebesar RP 120 Juta . . . Motor ini sangat Worthy untuk dimiliki bagi yang mampu membelinya. Baik performa maupun detail lainnya silahkan di compare dengan motor sejenis seperti Suzuki Gladius, Hyosung GT 650, dan Kawasaki ER6F yang sama sama memiliki platform mesin V-twin 650 cc DOHC . . . silahka share komentar bro semua
Taufik of BuitenZorg
Terimakasih tak terhingga untuk mas bro Aseen dan mas bro Sabdo Guparman yang bersedia menemani dan menjadi crew dadakan tmcblog dan uga jajaran Minerva Motor Indonesia
appendiks spek MRX 650
ENGINE
Engine type     647 cc liquid-cooled 90 degree V-twin
Bore and Stroke     81.55mm X 62.0mm
Compression Ratio     11.47:1
Valve Train     DOHC four valves per cylinder
Fuel Management     Dual Mikuni 39mm
Ignition     Computer-controlled digital with variable mapping
DRIVE TRAIN
Transmission     Six speed
Final drive     525 Regina O-ring sealed chain
CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES
Front suspension     43mm inverted telescopic with compression and rebound adjustment
Rear Suspension     Ohlins single shock with adjustable ride height, compression damping, and spring preload
Front Brake     Dual semi-floating 310mm disc, Brembo master cylinder, Goodridge steel brake lines
Rear Brake     Single 210 mm disc
Front Tire     Bridgestone, 120/70 ZR-17 radial
Rear Tire     Bridgestone, 160/60 ZR-17 radial
DIMENSIONS 
Rake     24.0 degrees
Trail     3.86 inches/98.0 mm
Wheelbase     55 inches / 1397 mm
Seat height     Adjustable 29.5-31.5 inches / 749-800 mm
Actual Dry Weight, MRX     382 lbs / 166.47 kg
Actual Dry Weight, MRX (SP)     357 lbs / 157.4 kg
Actual Dry Weight, MRX (Race)     346 lbs / 150.59 kg
Fuel capacity     4.6 gallons
PERFORMANCE 
Horsepower, crankshaft     80 @ 9550 RPM (with Ram Air)
Torque     52 @ 7500 RPM

0 comments: